Dalam hal ini ada banyak sekali hal-hal yang memang bisa untuk kalian kerjakan jika benar-benar ingin membuat dan mengembangkan Website atau sebuah aplikasi yang dimulai dari “ 0 “. Nah salah satunya sendiri adalah dengan menciptakan Fungsionalitas yang ada. Namun sayangnya Fungsionalitas ini terkadang sudah ada hanya untuk bisa diperbarui dan ini bisa dilakukan berkali-kali. Sama saja seperti pada saat Ban bisa ditemukan pertama kali. Lalu dari seiring berjalannya Waktu, nah ban ini hanya akan diperbarui menurut tuntutan pasar dan kebutuhan Mobil atau juga Motor. 

Agar nantinya kalian tidak perlu dalam melakukan Repetisi terhadap suatu fitur atau pada Fungsionalitas, yang digunakan pada Framework Software. Jadi, Software ini sendiri akan menyediakan Fondasi dimana kalian mampu untuk mewujudkan Website atau Aplikasi yang diinginkan. 

Kebetulan sekali dalam artikel ini kalian akan membahas mengenai Macam-macam Framework PHP yang berguna untuk sebuah proyek pengembangan website serta adanya aplikasi. Ada beberapa Framework PHP terbaik yang akan langsung kami rekomendasikan untuk kalian. Jadi tidak akan lupa pula kami ini akan menyebutkan kelebihan dan kekurangan dari masing-masing PHP Framework serta Spesifikasi teknis dan lain sebagainya. 

Apa yang Dimaksud dengan Framework PHP ? 

Di dalam dunia pengembangan Software, maka kalian akan menemukan Istilah dari Framework yang merujuk pada tempat penyimpanan file yang akan memuat beberapa fungsi dasar. Nah tujuannya sendiri untuk bisa menyediakan fondasi bagi para Developer agar nantinya bisa mengembangkan Proyek dengan jauh lebih efisien. Dan terlebih lagi jika kalian ingin mengembangkan Proyek dari awal tentu saja kalian harus mampu memprogramkan berbagai jenis fungsi yang ada. 

Jika kalian ingin benar-benar mengembangkan aplikasi PHP baru, dan langsung pilih saja PHP Framework yang sudah memiliki semua fungsionalitas yang telah dibutuhkan. Nah disini ada banyak sekali Framework yang bisa digunakan dan masing-masing sudah mampu dalam menawarkan metode dari pengembangan yang begitu unik. 

Nah di bawah ini akan langsung kami berikan pembahasan fungsionalitas dari salah satu sumber seperti hostinger.co.id mengenai : Teknis dan juga lain sebagainya atas beberapa Framework PHP terbaik dari versi kami ini. Semoga saja apa yang kami bahas ini bisa memudahkan kalian di dalam memilih Framework yang terbaik untuk sebuah aplikasi ataupun pada Website yang hendak untuk dikembangkan. 

Framework PHP Laravel 

Ini sudah menjadi salah satu nama yang sudah Familiar di kalangan para Developer bernama Laravel. Framework ini sudah dikenal memiliki Syntax yang mudah sekali untuk bisa dipahami dan bisa untuk digunakan. Dengan Laravel ini, website dan juga aplikasi bisa dikembangkan dalam waktu singkat. Bahkan dalam hal ini kalian tidak perlu memikirkan pekerjaan dasar dikarenakan, Laravel ini sudah menyediakan fungsi seperti : Otentikasi User – Manajemen Sesi hingga Caching. Secara singkat, Laravel ini mampu menawarkan semua fungsionalitas yang kalian butuhkan dalam membuat serta dalam mengembangkan aplikasi PHP Modern. 

Disini ada beberapa alasan teknis mengapa disini kami benar-benar menempatkan Laravel di urutan pertama. Dan dari segi Performanya, Framework ini sudah memiliki core yang bisa diandalkan serta bisa untuk dikembangkan dengan penggunaan Add-ons. Di lain sisi, Terintegrasi dengan adanya Library serta pada Platform Pihak Ketiga seperti halnya Amazon Web Services. Sehingga disini kalian bisa membuat aplikasi yang mudah sekali diskalakan. Nah untuk Task yang membutuhkan waktu penyelesaian lama biasanya akan memerlukan waktu lebih dari 30 detik. Dan disini kalian bisa mengurutkannya agar mampu dijalankan secara Asynchronously di Background. Performa juga bisa saja ditingkatkan dengan jauh lebih baik. 

> Keunggulan Utama dari Laravel :

  • Di dalamnya terdapat Syntax yang sangat mudah untuk dipahami dan mudah dipelajari. 
  • Fungsionalitas intinya bisa saja dikembangkan dengan penggunaan dari Add-Ons itu sendiri. 
  • Disini mampu menyediakan Fungsi Bawaan untuk mengelola Routing, lalu untuk Manajemen User, ada juga Caching dan lain sebagainya. 
  • Selain itu bisa terintegrasi dengan Library dan Platform dari pihak Ketiga seperti halnya AWS.
  • Mampu menjalankan dengan tidak secara Asynchronously pada Background untuk meningkatkan performa yang ada. 

Nah Laravel ini juga memiliki komunitas yang sangat aktif. Adanya komunitas ini pasti bisa membantu setiap usernya di dalam mencari bantuan bahkan tutorial yang ada. Nah karena kemudahan inilah, Laravel menjadi pilihan terbaik untuk pemula dalam bidang Framework PHP dan dalam Pengembangan Website itu sendiri. 

Framework PHP Codeigniter 

Untuk yang satu ini sudah menjadi Framework PHP yang mampu dalam menggunakan arsitektur Model View Controller. Lalu untuk Kalimatnya juga jauh lebih sederhana, Codeigniter sendiri menggunakan adanya komponen yang berbeda-beda untuk bisa mengelola task Development yang jauh lebih spesifik. Metode yang bisa ditawarkan oleh software ini akan langsung disukai oleh para Developer karena memang mereka ini mampu membuat serta mampu mengembangkan aplikasi web yang mudah sekali diskalakan tanpa banyak menyita ruang. 

Kemudahan dalam pembelajaran dan juga penggunaan bisa membuat Codeigniter menjadi salah satu Framework PHP terbaik bagi para pemulanya. Nah kelebihan yang lainnya adalah tentang Informasi bantuan atau tutorial yang sangat lengkap. Dan disini kalian juga mampu memahami hal-hal dasar terkait dari penggunaan Codeigniter untuk jauh lebih mudah. Nah performa ini bisa sekali untuk diandalkan, terlebih lagi jika memang ingin membuat aplikasi yang sangat ringan untuk dijalankan di Server sederhana. 

> Keunggulan Utama dari Codeigniter :

  • Framework yang dimiliki ringan dengan adanya Performa yang mampu diandalkan. 
  • Mudah sekali untuk bisa dipahami dan bisa digunakan berkat adanya Informasi bantuan dan juga tutorialnya. 
  • Mampu membuat aplikasi yang mudah diskalakan dengan cara menggunakan arsitektur Framework berbasis MVC. 

Nah di samping dari kelebihan tersebut, juga ad kekurangan. Nah sebagai contohnya adalah tidak memiliki jadwal yang tetap dan teratur mengenai Update Codeigniter . Jadinya PHP Framework ini, tidak kami sarankan bagi kalian untuk digunakan jika nantinya aplikasi tersebut memiliki standar keamanan yang tinggi.  

Framework PHP FuelPHP 

Untuk yang satu ini masih relatif baru dalam dunia PHP Framework dan untuk pertama kali telah diperkenalkan ke Publik pada tahun 2014. Pengembangnya sendiri telah menyatakan bahwa FuelPHP merupakan hasil atas riset yang mereka lakukan terhadap beberapa Framework Powerful. Dan beberapa aspek terunik yang ada di FuelPHP ini akan kami jelaskan secara rinci pada keunggulannya yang satu ini : 

  • Mampu mendukung kehadiran MVC 
  • Memiliki Standar Keamanan yang tinggi. 
  • Memiliki baris Perintah dengan Utilitas yang memang unik. 

Framework PHP ini telah mendukung PHP untuk Versi 5.4 dan juga versi diatasnya. Selain daripada itu, FuelPHP ini memiliki informasi bantuan dan juga tutorial yang memudahkan sekali proses atas pengembangan aplikasi web yang berjalan sangat lancar serta cepat.