Website begitu berkembang di masa kini. Hal ini bisa ditelaah dari berbagai hal seperti contohnya berdasarkan fungsi, manfaat yang diberikan bagi manusia, penggunaan aneka perangkat pendukung atau yang biasa disebut sebagai platform dan serta tak lupa jenis yang spesifik dari aneka jenis website yang sudah berkembang di dunia maya hingga saat ini. Tidak menutup kemungkinan di waktu depan akan berkembang aneka macam website baru dengan jenis yang lain, yang tentunya akan lebih memudahkan kehidupan manusia sebagai perancang dan penggunanya.

Website sudah dikenal memiliki aneka macam jenisnya. Hampir dalam segala kebutuhan yang ada di hidup manusia ini bisa dijalankan dengan lebih mudah berkat perkembangan aneka jenis website. Kemudahan yang diberikan website cukup beragam, seperti salah satunya yang cukup berperan penting yaitu memberi informasi yang cukup besar akan suatu hal esensial dalam hidup manusia. Selain informasi, banyak kemudahan juga diberikan oleh website di masa modern ini seperti salah satunya membantu manusia dalam mendapatkan aneka barang kebutuhan sehari-harinya, barang tertentu yang sedang dicari, hingga jasa tertentu yang dibutuhkan.

Seiring dengan berkembangnya zaman, aneka macam perkembangan website juga dikerjakan semaksimal mungkin untuk dapat mendukung kehidupan manusia hingga dapat menjadi jauh lebih mudah untuk dikerjakan, di tengah padatnya kehidupan masyarakat modern di saat ini. Aneka informasi akan cara menggunakan hingga membuat website juga tersedia dengan melimpah secara digital yang dapat diperoleh secara gratis hingga berbayar. Maka dari itu hal tersulit sekalipun dapat menjadi lebih mudah berkat paduan yang telah disediakan oleh perusahaan terkait maupun aneka informasi yang dibagikan antar penggunanya.

Berbagai jenis ‘lembar kerja’ yang dapat dipilih untuk mulai mengerjakan website pun tersedia dalam aneka jenis yang dapat disesuaikan kebutuhan dan kemampuan penggunanya. Mulai dari tingkat yang paling mudah dan sederhana untuk dapat digunakan kaum awam yang baru belajar cara membuat website, hingga mereka yang sudah lebih menguasai dan paham akan tata bahasa dalam programming untuk menciptakan website yang lebih spesifik dengan sesuai dengan target visitor yang diharapkan. Dimana visitor berperan dalam meningkatkan jumlah konsumen hingga reseller dalam kegiatan membeli produk maupun jasa yang ditawarkan perusahaan. Sudah siapkah anda mencari tahu akan informasi lebih detail mengenai website? Mari kita simak artikel dibawah ini.

Berdasarkan jenisnya, Website dapat dibedakan menjadi:

1. Website Statis

Pada jenis ini kontennya konstan dan tidak berubah.  Setiap halamannya pun diisi dengan konten yang tidak berubah. Umumnya jenis website ini dirancang oleh developer yang memahami pemrograman serta coding atau bisa juga menggunakan generator website seperti Jekyll, Hexo maupun Hugo. Website ini tidak memerlukan update secara berkala, sehingga tidak perlu database. Dan umumnya hanya memberi informasi seperti alamat, data kontak serta sejarah perusahaan.

 

2. Website Dinamis

Website yang kontennya selalu diubah secara berkala, sama seperti namanya bertolak belakang dari website statis. Kebanyakan website ini lebih mudah untuk dikelola dibanding dengan website statis. Website ini menampilkan konten dari database yang hanya bisa diakses oleh webmaster atau developer, agar website tidak mudah untuk dilacak maupun disusupi pihak asing dari luar. Namun website jenis ini mungkin memiliki beberapa user yang bertugas untuk mengupdate kontennya tanpa mengganggu keseluruhan website.

 

Jenis Website Berdasarkan Platform:

1. CMS

CMS merupakan singkatan dari Content Management System. Yaitu sebagai perangkat lunak atau sistem yang dapat dikerjakan untuk membuat serta mengatur konten digital. Aneka aktivitas membangun website bisa dilakukan dengan cepat dan mudah dengan metode CMS, seperti contohnya beberapa jenis CMS yang banyak digunakan yaitu WordPress, Joomla! dan Drupal. Diantara ketiganya, WordPress menjadi pilihan yang paling sering digunakan akibat dari kemudahan dari saat pengoperasiannya. Ditambah lagi WordPress sebagai perusahaan pemegang market share CMS terbesar dengan angka yang sebesar 59.9%, dimana jumlah ini cukup mencolok dibandingkan dengan jenis website lainnya dengan persentase yang kurang dari 10%.

WordPress itu sendiri juga memiliki aneka plugin yang dapat mempermudah proses penambahan fitur di website yang dirancang. WordPress dapat dirancang untuk membuat aneka jenis website yang dibutuhkan, seperti contohnya website perusahaan, website toko online atau yang secara lebih besar disebut sebagai eCommerce, hingga blog maupun website pribadi. Banyak perusahan besar yang juga menggunakan WordPress dalam merancang website resminya.

 

2. Website Builder

Untuk kaum pemula atau mereka yang ingin membuat website dengan cara yang lebih mudah lagi, alternatif penggunaan Website Builder dapat menjadi pilihan. Website Builder menjadi suatu platform yang dapat membuat website dengan cara yang cepat tanpa penggunanya perlu memahami akan coding maupun kemampuan dalam merancang desain tampilan website. Jenis ini juga sangat cocok untuk digunakan bagi mereka yang perlu merancang website dalam waktu yang singkat, atau bahkan kaum pemula yang tidak memiliki kemampuan teknis yang besar dan juga tidak punya cukup waktu untuk mempelajarinya secara panjang.

Beberapa jenis Website Builder yang populer contohnya Wix, Site Builder, serta Weebly. Jenis Website Builder ini dapat memberi keutuhan dalam proses membuat suatu website, dimulai dari hostingnya, domain yang akan digunakan hingga aneka pilihan template yang dapat dipakai. Para penggunanya dapat dengan mudah mengganti pilihan konten sesuai yang diinginkan dan bahkan jika mengalami masalah sekalipun akan dibantu oleh tim support dari pihak Website Builder itu sendiri. Langkah yang cukup praktis bukan?

 

3. HTML dan CSS

Juga disebut sebagai upaya membangun website dengan menggunakan kode. Jenis ini menjadi salah satu jenis dalam merancang website statis dengan metode penginputan kode didalamnya. Kode yang dikenal dengan istilah aktivitas coding dapat dikerjakan melalui berbagai software pendukung yang sering dipakai seperti Notepad++, Text Wrangle, atau Sublime Text. Meskipun terkesan sulit dan membingungkan di awal, di masa kini telah banyak informasi dan tutorial yang tersebar di website mengenai cara mempelajari serta cara membuat tampilan website dengan menggunakan HTML. HTML yang juga berfungsi sebagai tata bahasa dalam pemrograman, maupun CSS sebagai tindakan dalam merancang desain dari tampilan HTML yang terdapat di website tersebut dapat dikerjakan dalam waktu yang cukup cepat.

 

Jenis Website Berdasarkan Fungsinya

1. Blog atau Website Pribadi

Jenis website yang satu ini menjadi tren yang populer sejak tahun 2000-an. Aneka hal bisa dibahas dalam blog, seperti contohnya minat akan suatu hal yang spesifik, pengalaman pribadi seperti catatan diari akan suatu hal, kisah perjalanan, opini dan pendapat akan suatu hal hingga pembahasan yang spesifik mengenai sesuatu. Selain dapat dipublikasikan sebagai bentuk sebuah hobi, jenis blog ini juga memberi manfaat bagi orang lain dengan memberi wawasan dan informasi akan suatu hal. bahkan dalam perkembangannya, tak jarang juga aktivitas blogger menjadi suatu profesi yang banyak dicari dan dibutuhkan aneka perusahaan untuk dapat bermanfaat bagi mendukung aktivitas yang dijalankan perusahaan tersebut ke dalam perkembangan di dunia maya.

 

2. E-commerce atau Toko Online

Website berjenis ini dikenal akan fungsinya dalam membuat toko online. Terlebih lagi perkembangan di era digital masa kini telah begitu berkembang dengan pesat hingga keberadaan dari toko online dapat mengalahkan toko fisik hingga berkembang jauh lebih pesat. Sehingga akibatnya banyak toko fisik pun harus menyesuaikan dengan perkembangan teknologi dalam membuat toko online untuk terus bersaing serta aktif dipilih oleh segenap masyarakat penggunanya.

Toko online bermanfaat dalam menjual suatu produk maupun jasa tanpa memerlukan suatu lokasi tertentu untuk membuka tokonya. Cara ini dianggap cukup praktis serta menghemat modal yang perlu dikeluarkan dalam membuka suatu usaha toko. Ditambah lagi toko online ini dapat memperoleh jumlah pelanggan yang jauh lebih besar dibanding toko fisik biasa yang memiliki berjuta batasan sebagai kendala dalam aktivitasnya seputar ruang dan waktu.

Jika anda memiliki portal berupa media sosial sebagai wadah untuk berinteraksi, anda dapat merancang media sosial tersebut agar dapat menampilkan reputasi yang baik untuk bisa menarik minat para pengunjungnya hingga mau mampir ke portal toko di website yang sebenarnya, entah itu di website e-commerce maupun website perusahaan yang telah dibuat. Aneka transaksi yang berlangsung di website online juga tercatat dengan pembukuan yang baik dan dapat dievaluasi prosesnya dengan bantuan google analytic untuk meningkatkan kualitas penjualan online.

 

3. Website Perusahaan

Penggunaan website banyak dipakai aneka jenis perusahaan, sekalipun yang tidak menawarkan produk untuk dijual. Website ini berguna dalam memberi informasi seputar perusahaan tersebut secara resmi dan valid agar dapat ditemukan oleh para konsumennya. Hal ini juga turut serta meningkatkan kredibilitas dan status terpercayanya suatu perusahaan, serta memberi kesan lebih profesional status perusahaannya.

 

4. Blog Sebagai Content Marketing

selain untuk jurnal pribadi, blog juga banyak digunakan sebagai alat untuk content marketing, yaitu sebagai cara untuk mendatangkan jumlah pengunjung ke sebuah website di toko online maupun suatu website perusahaan yang diinformasikan dari sebuah blog. Banyak penggunaan kata kunci (keyword) juga sering digunakan untuk dapat menarik minat konsumen yang mencari akan suatu hal. Salah satu contohnya seperti halaman website yang menjual aneka jenis busana modern bagi wanita muda, yang menggunakan kata kunci “fashion ala artis K-pop”.

 

5. Organisasi atau Instansi Pemerintah

Jenis ini disebut sebagai halaman resmi atau official sebagi bagian dari pemerintahan. Fungsinya bagi masyarakat untuk dapat mengakses aneka informasi terbaru mengenai kegiatan organisasi. Umumnya website organisasi menggunakan domain .org atau banyak juga yang menggunakan .or.id sebagai penunjuk bahwa portal tersebut berasal dari domisili Indonesia. Sedangkan untuk website pemerintah menggunakan domain .go.id

 

6. Media Sharing

Website jenis ini berguna untuk berbagi media, seperti gambar, musik hingga video. Aneka usernya dapat menggugah dan mengunduh aneka file yang terdapat disana sebagai cara untuk berbagi. Beberapa contoh dari website ini seperti jenis Soundcloud, Youtube dan aneka macam website yang berisi stok foto di dalamnya, baik itu secara gratis maupun hanya bisa didapatkan dengan metode berlangganan.

 

7. Komunitas Online

Website ini umumnya memiliki banyak jenis topik yang dapat dibahas di dalamnya. Umumnya satu website komunitas akan membahas satu jenis topik saja sehingga lebih terfokus dan tidak rancu. Jenis ini memiliki kesamaan dengan portal berita, website komunitas online juga menyampaikan informasi terbaru yang akurat, serta ditambah aneka macam tips, panduan atau tutorial akan suatu hal, serta aneka topik lainnya yang berkaitan dengan topik utama untuk membuat website ini lebih menarik bagi para pengunjungnya.

Di masa kini sudah ada banyak website berjenis komunitas, seperti contohnya website hosting, website mengenai buku bacaan, serta website mengenai aneka hal seputar wanita, otomotif, kesehatan, makanan, kecantikan serta gaya rambut, fashion dan busana, musik, pecinta serba-serbi mengenai Jepang atau bahkan Korea yang sedang menjadi tren masa kini, dan aneka jenis lainnya.

 

8. Website Berita

Jenis ini merupakan yang paling familiar oleh banyak orang. Di era serba digital, portal website ini berkembang menjadi suatu media digital yang penting dan dicari banyak orang akan sumber informasinya. Website jenis ini juga mengutamakan jenis berita yang akurat, terpercaya dan dapat ditampilkan dalam waktu yang cepat. Diantara ke delapan jenis website yang dapat dibedakan berdasarkan fungsinya tersebut, tiga jenis yang utama yang paling umum dipegang pada jenis website mengenai suatu Perusahaan, Toko online, serta Blog. Bagaimana pendapat anda akan perkembangan website hingga yang terbaru dan tercanggih di masa kini, atau seperti yang dijabarkan dalam rincian dalam artikel ini?