Untuk pertama kalinya saat pengguna bisa mengunjungi website kalian, jadi sangat mempengaruhi penilaian mereka ke website secara menyeluruh. Apakah nantinya para pengguna ini akan terkesan atau tidak setelah mengunjungi situs yang tergantung pada sebuah tata letak dan juga visual yang ada. Hal ini sendiri akan membuat tahapan para pengembangan web menjadi salah satu kunci paling penting di dalam membangun kesuksesan citra online yang kalian miliki. 

Pada setiap proyek website yang nantinya kalian garap ini, maka harus bisa melewati beberapa langkah tertentu yang dimulai dari Inisiasi hingga selesai semuanya. Hal ini memang sangat penting untuk dilakukan, agar kiranya pengembangan bisa terarah dan juga mampu dalam menghasilkan sebuah website yang memiliki nilai tersendiri. Walau tahapan ini dinilai tepat dari sebuah proses pengembangan web yang bervariasi, akan tetapi langkah-langkah dasar harus dilalui dengan sama. 

Berikut ini akan langsung kami berikan sedikit gambaran mengenai tahapan penting dari proses pengembangan Website yang bisa membantu kalian dalam memahami bagaimana sebuah situs web yang dirancang dan juga dikembangkan secara profesional. Yuk simak infonya di bawah ini. 

 

Langkah Awal Terhadap Perencanaan proyek 

Di Awal-awal yang bisa kalian lakukan adalah dengan melakukan perencanaan proyek dalam menentukan tujuan-tujuan dan juga sasaran dari sebuah proyek pengembangan web. Tahapan ini bisa dikatakan penting dikarenakan menentukan sebuah hasil akhir yang nyata. Hal ini selanjutnya bisa dibagikan ke dalam sub bagian berikut ini : 

➤ Analisis dari Kebutuhan – dimana ini memiliki fungsi untuk kalian di dalam mencari tahu persyaratan apa yang memang tepat dari sebuah website. Hal ini langsung saja menentukan sebuah target pengguna, lalu masuk dalam tujuan dari website, fitur yang terperinci dan beberapa informasi lainnya yang sejenis dengan websitenya. 

➤  Ringkasan dari Sebuah Proyek – dimana untuk ringkasan proyek sendiri mengenai persyaratan website. Dan untuk dokumen ini biasanya memang sangatlah singkat dan juga memiliki fungsi sebagai titik acuan di seluruh proses pada pembangunan web yang ada. 

➤  Memulai untuk Menentukan Sumber Daya yang Diperlukan – dimana untuk tahapan pada perencanaan proyek yang mana memang bisa mendefinisikan perangkat lunak dan juga persyaratan sumber daya lainnya untuk sebuah proyek website yang ada. Nah, di langkah inilah pada setiap kebutuhan media pihak ketiga telah diidentifikasikan oleh semua persyaratan sumber daya kemudian ditambahkan lagi melalui anggaran proyek yang ada. 

➤  Menjadi Tujuan Kinerja Utama – dimana terdapat tahapan perencanaan situs juga mampu melibatkan dalam tujuan kinerja utamanya. Dalam tenggang waktu proyek, biaya yang dianggarkan dan juga mengenai kecepatan halaman dengan beberapa desain website dan juga pengembangan tujuan yang sudah ditetapkan pada tahapan ini. 

➤ Melakukan Analisis Pesaing – yang dimana ini menjadi tahapan terakhir dan juga melibatkan dalam pelaksanaan analisis pesaing. Yang ini menjadi saingan bisnis dari website kalian ? lalu ada berapa banyak pengunjung yang memang akan mengunjungi websitenya dan hal ini sendiri sangat amat penting dan juga sudah langsung dianggap menjadi tahapan yang meliputi merek visual pada panggilan untuk bertindak, navigasi dan juga mengenai tata letak. 

 

Langkah Kedua dalam Menentukan Ruang Lingkup Proyek 

Lalu masuk ke dalam tahapan kedua. Dimana, ini menjadi proses pengembangan yang meliputi penentuan dari ruang lingkup proyek yang ada. Dan ini bisa menentukan sebuah ruang lingkup proyek secara baik-baik dan akan membantu dalam memastikan bahwa proyek website ini menggunakan grafik yang ada. Disini grafik bisa memberikan visualisasi proyek. Grafik ini bisa menunjukkan pada kegiatan yang sudah terlibat dalam proyek tersebut. Hal ini menunjukkan kerangka waktu untuk menyelesaikan di setiap tahapan. Dan disini bisa membantu dalam menentukan ruang lingkup proyek. Selain itu, disini bisa menciptakan akuntabilitas antara tim desain website. 

 

Langkah Ketiga dalam Menentukan Desain Website 

Dimana, langkah ini masuk ke tahapan paling penting dari adanya proses pengembangan website yang mana bisa merancang desain website itu sendiri. Di dalam tahapan ini sendiri, terdapat tim pengembangan fokus untuk memilih tema, warna, tata letak, fitur hingga aspek lainnya dari situs web. Dimana selama ini tahapan dari para desainer situs dalam menggabungkan berbagai elemen seperti halnya : Logo perusahaan, Warna yang bisa memperkuat adanya identitas dari merek yang ada, lalu tema yang mencerminkan portofolio produk perusahaan dan juga tata letak yang sangat elegan dan juga jauh terlihat lebih menarik. Perancang dari situs ini sendiri akan langsung membuat satu atau lebih desain prototipe untuk website. Kemudian prototipe ini sendiri akan dikirim secara langsung ke Mitra untuk bisa mereview dan juga dipilih langsung dari desain yang diinginkan. 

 

Langkah Keempat dalam Pengembangan Situs Web 

Dimana dalam tahap pengembangan ini, terdapat tim pengembang yang membagi langsung setiap elemen website dan juga menggunakannya dalam membuat website fungsional. Tahapannya sendiri meliputi adanya pengembanagan halaman depan setelah adanya kerangka dasar atau Shell yang selesai dibuat. Nah, Shell website ini mengandung struktur navigasi dan juga tata letak situs tanpa adanya konten web. Dan setelah pemilik situs menyediakan konten yang selanjutnya bisa didistribusikan ke seluruh situs sesuai dengan Shell yang mana sudah dibentuk langsung sebelumnya. Dari sisi teknis ini sendiri sebagai proses pengembangan website yang langsung meliputi unsur-unsur seperti halnya Merancang dengan membentuk kontak interaktif, lalu menerapkan adanya gateway pada pembayaran, dan memilih CMS tentang sistem manajemen konten seperti halnya WordPress, Joomla dan juga Magento. 

 

Langkah Terakhir Mengenai Situs Web Pengujian dan Deployment 

Tahapan yang terakhir dari langkah-langkah ini sendiri adalah pengembangan pada pengujian. Pada tahapannya, desainer situs menambahkan sentuhan terakhir untuk situsnya dan menguji langsung sitsu sebelum benar-benar di rilis. Desainer ini akan menguji masalah fungsionalitas lengkap dari situs dan memastikan bahwa semua fitur yang ada berjalan secara lancar tanpa sebuah kesalahan apapun itu. Perancang situs juga akan menguji langsung semua script utama dan juga forum. Tidak lupa untuk memastikan bahwa situs yang didapat bisa menampilkan konten dengan secara baik pada sebuah perangkat yang berbeda dan juga platform seperti Smartphone yang berbasiskan Android dengan iOS, lalu bisa memverifikasikan link internal hingga tugas-tugas lainnya yang sejenis. 

Perancang dari situs Web ini akan memvalidasi kode untuk memastikan bahwa semua ini sudah memenuhi standar dari website terbaru. Hal ini sudah memastikan bahwa website tersebut bisa bekerja secara lancar tanpa masalah yang ada. Website ini sendiri kemudian bisa ditujukan langsung kepada Mitra untuk mendapatkan persetujuan dari akhir situs tersebut. Setelah melakukan persetujuan akhir, maka kini saatnya dari pihak pengembang memberikan situs kepada  Mitra yang ada. 

Pada akhirnya, Tim pengembang website ini akan menambahkan rincian halus ke website untuk mengoptimalkan fungsi dan juga kinerja seperti pemasangan Plugin, lalu mengoptimalkan SEO yang memiliki arti Search Engine Optimization dan juga optimasi kecepatan halaman yang ada. 

Itulah yang bisa kami beritahukan ke kalian mengenai informasi yang ada seputar dari dunia pengembanagan desain dan web. Kami harap, langkah ini bisa menjadikan gambaran terbaik bagi kalian semua.